Laman

Cara Bikin Bakso Daging Sapi Supaya Kenyal

Anda suka dengan sajian bakso? Pasti iya donk, Itu karena bakso ini memang favoritnya banyak orang dan saya juga suka. Bisa saat cuaca dingin makan bakso rasanya sedap banget dan jauh terasa lebih nikmat lagi kalau di beri saus pedas. Kita perlu khawatir setiap kali membeli bakso di luar karena ada oknum-oknum jahat yang menggunakan bahan utamanya bukan dari daging sapi. Bisa saja daging yang tidak halal di gunakan dalam membuat bakso.

Kecemasan seseorang ketika ingin bikin bakso ialah rasanya tidak enak, baksonya tidak empuk dan sebagainya. Sebenarnya sih kunci sukses membuat bakso terletak pada seberapa keras anda mencobanya walaupun sering gagal.
Tapi sekarang jgn khawatir lagi guys, karena hari ini kami akan jelaskan tips masakan harian yang gampang dan enak di rumah.

Beberapa waktu lalu saya pernah pelajari resep cara membuat bakso dan sekarang sudah bisa dan akan share pengalaman yang saya alami sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik membuat bakso yang bisa kalian baca-baca dan langsung terapkan saat bikin bakso.

1. Gunakan daging yang masih segar dan berkualitas
Hal ini adalah yang paling penting saat bikin bakso, gunakanlah daging yang segar. Jangan gunakan daging yang sudah di simpan lama di freezer. Karena biasanya rasanya tentu akan berbeda. Tapi beda lagi dengan 5 sajian masakan daging di hari lebaran karena itu bisa di simpan dalam freeze. Bagian daging sapi yang enak dan bagus untuk membuat bakso adalah yang sedikit lemak dan tanpa urat. So silahkan pakai tips ini jika kalian percaya.

2. Haluskan daging sapi sampai benar-benar halus
Pastikan anda menghaluskan daging sapinya pakai food processor atau chopper. Tambahkan juga es batu yang sudah anda serut, fungsi Es batu ini adalah agar serat dagingnya terikat maka bakso pun menjadi kenyal.

3. Gunakan baking powder, putih telur dan baking soda saat penggilingan
Tambahkan baking powder dan baking soda akan menghasilkan bakso yang lebih kenyal pastinya. Alternatif lainnya adalah putih telur, anda bisa pilih salah satu dari 3 itu.

4. Bentuk bulat-bulat dengan permukaan yang lebih halus
Gunakan telapak tangan anda yang sudah memakai sarung tangan plastik agar lebih bersih tentunya. Bentuk bulat seperti kalereng kecil, nanti setelah direbus baksonya akan mengembang menjadi sedikit lebih besar.

5. Bakso yang matang celupkan di air es
Jika bakso yang terlalu cepat matang di saat direbus, anda bisa mencelupkannya setelah itu ke air es. Bertujuan supaya menghentikan pematangan agar nantinya tidak terlalu lembek. So kalian bisa pelajari semua tips tersebut agar makin mahir membuat bakso sendiri nantinya.