Selasa, 21 November 2017

Mulai Investasi Reksadana dengan Pertimbangan Berikut Ini!

Investasi adalah sebuah langkah keuangan besar yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Hal ini lantaran investasi bisa digunakan untuk berjaga-jaga di masa depan. Jika kini Anda sudah mulai berfikir tentang investasi, maka cobalah investasi reksadana. Tak perlu uang banyak karena Anda bahkan bisa memulainya dengan angka 100 ribu saja. Untuk itu reksadana tak hanya bisa menjadi ladang investasi untuk orang kaya saja. Meski begitu, investasi dari reksadana tentu butuh pertimbangan apalagi jika Anda masih pemula.

Mulai Investasi Reksadana dengan Pertimbangan Berikut Ini!



Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika berencana untuk berinvestasi reksadana:

1. Tentukan tujuan keuangan
Pertama, tentukan dulu tujuan keuangan Anda sebelum berinvestasi, misalnya saja sebagai biaya pendidikan anak, untuk membeli rumah atau untuk masa pensiun. Tujuan ini akan berhubungan dengan pemilihan jangka waktu dari investasi ini dan jenis reksadana yang ingin Anda pilih. Dengan menentukan tujuan, maka Anda akan lebih semangat lagi untuk berinvestasi.

2. Mengenal seluk beluk reksadana
Reksadana merupakan kumpulan dana dan dikelola oleh seorang manajer investasi demi bisa digunakan untuk membeli obligasi, saham hingga instrumen lainnya. Ada beberapa jenis reksadana yang tersedia, diantaranya:

  • Reksadana pasar uang - umumnya ditempatkan di obligasi dan SBI dengan resiko paling rendah dan masa waktu investasi kurang 1 tahun.
  • Reksadana pendapatan tetap - potensi keuntungannya lebih tinggi dibanding jenis sebelumnya dengan jangka waktu investasi yang umum adalah 1 sampai 3 tahun.
  • Reksadana campuran - reksadana ini mencampur berbagai instrumen keuangan mulai dari saham, obligasi sampai deposito. Lantaran bisa berinvestasi saham, maka reksadana campuran resikonya lebih tinggi dengan jangka waktu 3 sampai 5 tahun.
  • Reksadana saham - reksadana ini paling tinggi resikonya dengan masa waktu lebih dari 5 tahun. Namun potensi keuntungannya pun besar.

Tak perlu terlalu lama meragu untuk investasi reksadana. Berinvestasilah semenjak Anda muda melalui Trimegah Sekuritas yang sudah terdaftar di OJK sehingga dipastikan aman dan terpercaya. Tetapkan tujuan Anda dan sisihkan beberapa persen uang Anda untuk persiapan keuangan masa depan.

Share :